Senin, 03 November 2014

CATATAN PENDIDIKAN SENI DI SD


SENI DALAM SD :
  • ·         SENI RUPA
  • ·         SENI MUSIC
  • ·         SENI TARI
  • ·         SENI TEATER

TARI :      SUATU EKSPRESI JIWA MANUSIA YANG DIUNGKAPKAN DALAM BENTUK   
                 GERAK YG RITMIS DAN INDAH ( MENIMBULKAN PESONA )

FUNGSI  TARI: 
  • 1.       UNTUK HIBURAN
  • 2.       ACTUALISASI DIRI
  • 3.       UPACARA

a)      KEAGAMAAN
ü  TR.  PENDET ( KEAGAMAAN )
ü   TR . REJANG
ü  TARI KERIS
ü  TARI PASRAMAN
b)        UPACARA ADAT BERKAITAN DENGAN PERISTIWA MANUSIA
ü  TR. KARONSIH
ü  TR. GAMBYONG-MENERIMA TAMU/ TR KEDEWASAAN ( ANAK MENUJU KEDEWASAAN )
ü  TR WOR ( PAPUA)            TR. KEDEWASAAN
      c)          UPACARA ADAT BERKAITAN PERISTIWA ALAMIAH
ü  TR. GANDRUNG – UPACARA KESUBURAN
ü  TR. TAYUB

  • 4.       MEDIA PENDIDIKAN:

    a)    PENDIDIKAN MELALUI SENI : ANAK TIDAK HARUS BS MENARI YG           
         DIPENTINGKAN KEBRANIANNYA               COCOK U/ SD
    b)   SENI DALAM PENDIDIKAN : SISWA  DITUNTUT UNTUK BS MENARI             SMK        TARI
     FUNGSI :
ü  AGAR ANAK KREATIF,
ü  BERANI,
ü  MENGEMBANGKAN BAKAT,
ü  MEMBENTUK KARAKTER ANAK


UNSUR2 PENUNJANG TARI :
1.       GERAK:
ü  GERAK MURNI            : GERAKAN TIDAK MEMILIKI MAKNA HANYA PEMANIS SAJA
ü   GERAK MAKNAWI  : GERAKAN YANG MEMPUNYAI MAKNA :
-ULAP: HORMAT
-NGILO ASTA: BERKACA
ü   GERAKAN SPONTAN: GERAKAN YANG MUNCUL TIBA2

2.          MUSIK
FUNGSI :
ü  MENYELARASKAN GERAK
ü  MEMBERI ILUSTRAN

MUSIK DIBAGI 2 :
a)      INTERNAL : MUSIK YANG BERASAL DARI DIRI SI PENARI
CONTOH : SAMAN (ACEH ), KECAK ( BALI)
b)      EKSTERNAL : MUSIK YG BERASAL DR LUAR DIRI SI PENARI
CONTOH : DARI TAPE

3.          BUSANA
FUNGSI :
ü  MEMPERINDAH TARIAN
ü  MENDUKUNG KARAKTER TARIAN


4.          TEMPAT PENTAS
5.          PROPERTI : ALAT YG DIGUNAKAN UNTUK MENDUKUNG TARIAN
6.          TATA  LAMPU
7.          TATA RIAS   : MENDUKUNG KARAKTER & MEMPERINDAH PENAMPILAN
8.          TEMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar