SENI
DALAM SD :
- · SENI RUPA
- · SENI MUSIC
- · SENI TARI
- · SENI TEATER
TARI : SUATU EKSPRESI JIWA
MANUSIA YANG DIUNGKAPKAN DALAM BENTUK
GERAK YG RITMIS DAN INDAH ( MENIMBULKAN
PESONA )
FUNGSI TARI:
- 1. UNTUK HIBURAN
- 2. ACTUALISASI DIRI
- 3. UPACARA
a)
KEAGAMAAN
ü TR. PENDET ( KEAGAMAAN )
ü TR . REJANG
ü TARI KERIS
ü TARI PASRAMAN
b)
UPACARA ADAT BERKAITAN DENGAN
PERISTIWA MANUSIA
ü TR. KARONSIH
ü TR. GAMBYONG-MENERIMA TAMU/ TR KEDEWASAAN ( ANAK MENUJU KEDEWASAAN )
ü TR WOR ( PAPUA) TR. KEDEWASAAN
c)
UPACARA ADAT BERKAITAN
PERISTIWA ALAMIAH
ü TR. GANDRUNG – UPACARA KESUBURAN
ü TR. TAYUB
- 4. MEDIA PENDIDIKAN:
a)
PENDIDIKAN MELALUI
SENI : ANAK TIDAK HARUS BS MENARI YG
DIPENTINGKAN KEBRANIANNYA COCOK U/ SD
b)
SENI DALAM PENDIDIKAN
: SISWA DITUNTUT UNTUK BS MENARI SMK TARI
FUNGSI :
ü AGAR ANAK KREATIF,
ü BERANI,
ü MENGEMBANGKAN BAKAT,
ü MEMBENTUK KARAKTER ANAK
UNSUR2 PENUNJANG TARI :
1.
GERAK:
ü GERAK MURNI :
GERAKAN TIDAK MEMILIKI MAKNA HANYA PEMANIS SAJA
ü GERAK MAKNAWI : GERAKAN YANG
MEMPUNYAI MAKNA :
-ULAP: HORMAT
-NGILO ASTA: BERKACA
ü GERAKAN SPONTAN: GERAKAN YANG MUNCUL TIBA2
2.
MUSIK
FUNGSI :
ü MENYELARASKAN GERAK
ü MEMBERI ILUSTRAN
MUSIK DIBAGI 2 :
a)
INTERNAL : MUSIK YANG BERASAL
DARI DIRI SI PENARI
CONTOH : SAMAN (ACEH ), KECAK ( BALI)
b)
EKSTERNAL : MUSIK YG BERASAL DR
LUAR DIRI SI PENARI
CONTOH : DARI TAPE
3.
BUSANA
FUNGSI :
ü MEMPERINDAH TARIAN
ü MENDUKUNG KARAKTER TARIAN
4.
TEMPAT PENTAS
5.
PROPERTI : ALAT YG DIGUNAKAN
UNTUK MENDUKUNG TARIAN
6.
TATA LAMPU
7.
TATA RIAS : MENDUKUNG KARAKTER & MEMPERINDAH
PENAMPILAN
8.
TEMA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar