Senin, 03 November 2014

Modul 5 - Perspektif Global

                                                   MODUL  5

ISU-ISU dan MASALAH GLOBAL dalam KAITANNYA dengan PEMBELAJARAN IPS   SD

Kegiatan   Belajar   1

Isu-Isu Global dalam Pembelajaran IPS

 

Sumber pengajaran IPS meliputi :

²pertumbuhan

²perkembangan              masyarakat

²kemajuan hidup

 

Materi   IPS:

²masa lalu

²masa  saat ini

²masa  depan

 

Lingkup wilayah garapan pengajaran IPS meliputi apa yang terjadi setempat secara :

²lokal

²regional

²global

Rounded Rectangle: peristiwa,   permasalahan                 diluar pemikiran
Rounded Rectangle: Menganalis         
Memprediksi
Meyakini
 


Rounded Rectangle: IPSRounded Rectangle: kenyataanIPSRounded Rectangle: IPTEK                                                  

                                   

                   

                                   

                                   

 

Rounded Rectangle: Alat, pesawat
media
Pokok bahasan pembelajaran IPS :

²kontak langsung

²tidak langsung                                                               memacu, memicu globalisasi

²pergerakan barang

²berita serta informasi

 

Faktor  utama terjadinya proses globalisasi : pertumbuhan jumlah penduduk yang diikuti pertumbuhan kebutuhannya.

                                   

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia memanfaatkan IPTEK.

 

Kualitas kemampuan SDM menerapkan IPTEK menjadikan potensi sumber daya itu  menjadi kemakmuran

 

Perbedaan kelompok masyarakat, negara berdasarkan kemampuan penerapan IPTEK dalam proses kegiatan industri :

²Tahap primer

     kemampuan mengolah sda masih sangat sederhana, proses ekonominya masih tahap meramu.

²Tahap sekunder

     Kemampuan mengolah sda menjadi barang setengah jadi , proses ekonomi adalah  hasil diperuntukkan kebutuhan masyarakat iru sendiri ( industri sekunder )

²Tahap Tersier

    Kemampuan mengolah sd menjadi barang jadi, barang siap jadi, proses ekonominya memasuki proses  ekspor, impor dan jasa

 

 

 

Pembelajaran IPS :

 Georafi /Konteks keruangan ( spatial contex ):

IPTEK

 
²manusia berperilaku ( perilaku keruangan/ spatial behaviour )

²bergerak perpindah ( migrasi )                                                     

²bertindak ( memanfaatkan / merusak lingkungan )

²berjuang (mempertahankan diri, merebut, menguasai )

Sejarah :  

PREDIKSI    POSITIF / NEGATIF

 
²memahami hubungan antara

    suatu peristiwa dengan kurunnya

            ²perkembangan peristiwa itu

    dari waktu ke waktu

 

Imanuel Kant : geografi dan sejarah merupakan ilmu dwi tunggal, tidak terpisah-pisah

 

 

 

Kegiatan Belajar   2

 

Masalah-masalah Global dalam Pembelajaran IPS SD

 

 

Masalah-masalah global menurut Merry M Merryfield :

 

A.       Penduduk dan keluarga berencana ( populationand family planning )

Masalah ini terletak pada tingkat kesejahteraaan dan kemakmuran yg rendah akibat adanya kesenjangan yang besar antara pertumbuhan serta jumlah penduduk yang terus meningkat dengan pertumbuhan segala kebutuhan yang terbatas.

 

B.        Pembangunan ( development )

Pembangunan sebagai rangkaian kegiatan perencanaan -  pengkajian – uji kelayakan – pengelolaan – pelaksanaan – evaluasi – memerlukan sdm yang handal, dana yang mendukung dan suasana yang kondusif bagi negara –negara miskin dan terbelakang belum dapat teratasi karena sdmnya belum berkualitas.

 

C.        HAM ( human right )

Masalah ini terletak pada pelanggaran yang terjadi dan dialami oleh orang-orang tertentu baik sebagai individu maupun sebagai kelompok oleh pihak-pihak tertentu baik sebagai individu maupun kelompok oleh pihak-pihak tertantu yang memiliki kekuasaan atau yang  berkuasa ; terjadi secara lokal di kawasan/negara tertentu bahkan tingkat dunia.

 

D.       Migrasi ( emigration, immigration, refugees )

            Perpindahan penduduk secara emigrasi ( perpindahan penduduk menuju negara lain yang akan menetap di negara baru), imigrasi ( perpindahan penduduk dari suatu negara ke dalam negeri tertentu yang akan diperkirakan menetap di negeri terakhir), dan pengungsian ( perpindahan sekelompok penduduk dari suatu kawasan atau negara ke awasan atau negara lain , karena faktor-faktor tertentu yang mendesak ). Perpindahan ini menimbulkan masalah antara lain:

à Masalah ekonomi ( lapangan pekerjaan, kekurangan bahan pangan )

à Masalah politik ( perang saudara, perbedaan ideologi )

à Bencana alam ( banjir, kekeringan, wabah )

 

E.        Kepemilikan bersama secara global ( the global commons )

Tiap kawasan dengan kawasan lain , tiap negara dan negara lain terdapat batas wilayah ( darat, perairan, udara ). Pada kenyataannya baik samudra luas dan angkasa luar yang tidak bertuan menjadi segketa yang dapat menimbulkan masalah besar.

 

F.        Lingkup Hidup Dan SDA ( Environment and natural resources )

Lingkungan hidup :  segala apa yang berpengaruh terhadap sifat dan pertumbuhan manusia :

à Lingkungan alam  ( fenomena alam )

à Lingkungan sosial  ( manusia )

à Lingkungan budaya   ( hal dan hasil rekayasa manusia )

à Lingkungan psikologis ( suasana kehidupan  kejiwaan )

SDA ( UU RI No.4 tahu 1982 ) : unsur lingkungan hidup yang terdiri atas :

à sumber daya manusia,

à sumber daya alam hayati dan non hayati,

à sumber daya buatan.

Benda atau fenomena yang sama disebut sebagai lingkugan daan dapat juga sumber daya.

Sebagai akibat lonjakan pertumbuhan penduduk  dan kebutuhannya, lingkungan sebagai sumber daya tidak lagi mamapu menjamain kehidupan manusia, diperlukan IPTEK.

Pemanfaatan IPTEK dapat menimbulkan dampak negatif dalam bentuk masalah lingkungan seperti  kekeringan, banjir, tana longsor, kenaikan suhu udara global, baik lokal, regional bahkan global

 

G.       Kelaparan dan bahan pangan ( hunger and food )

Kelaparan dan keterbatasan persediaan bahan pangan baik ditingkat lokal, regional maupun global,  diatasi oleh FAO telah melakukan upaya dalam sektor  pertanian pangan ini. Namun demikian, karena kendala sosial tidak meratanya kualitas kemampuan SDM,  kendala politik  dan kekuasaan, kendala cuaca yang menyebabkan kegagalan panen , kesejangan antara pertumbuhan kebutuhan pangan dengan pertumbuhan persediaan bahannya tidak dapat dihindarkan.

 

H.       Perdamaian dan keamanan ( peace security )

Kerawanan – kerawanan terhadap perdamaian dan keamanan, bermula dari pertentangan etnis  ke pertentangan rasial , politik ke ekonomi, dari ambisi – gengsi – arogansi elit  yang berkuasa tingkat nasional ke tingkat regional sampai tingkat global yang meresahkan perdamaian serta mengganggu keamanan global.

 

I.           Prasangka dan diskriminasi ( prejudice and discrimination )

Meliputi aspek-aspek etnis ( kesukuan ), ras, kelas, jenis atau kelamin , agamaa ekonomi dan politik dapat menjadi dasar prasangka yang kemudian berkembang menjadi diskriminasi.

 

Perbedaan antara negara maju dengan negara berkembang : perbedaan kualitas kemampuan SDM-nya dalam menguasai, menerapkan dan memanfaatkan IPTEK, pendidikan memiliki kedudukan dan peranan strategis.

 

Pemecahan masalah global dat dlakukan dengan kerjasama di segala bidang kehidupan  dan aling ketergantungan antar masyarakat, bangsa serta negara di dunia.

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar