MODUL 6
Model
Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran
Perspektif
Global
KEGIATAN
BELAJAR 1
Model
Pembelajaran Perspektif Global dalam IPS SD
A.
MATERI
( POKOK BAHASAN )
Sumber
materi :
· Kurikulum yang
berlaku
Menambah
,mengembangkan dan memperkaya materi yang ada di kurikulum
· Sumber lain :
masyarakat dan lingkungan
· Bahan bacaan
berupa buku, surat kabar tabloid dan majalah
· Media elektronik
.
B.
PROSES
PEMBELAJARAN
·
Sifat
materi yang akan dibahas
·
Produk
atau tujuan yang harus dicapai
·
Metode
·
Strategi
·
Media
pengajaran
C.
TUJUAN YANG AKAN
DICAPAI
Benjamin S Bloom
(1956) , Taxonomy of Educational
objectives, mengemukakan 3 aspek perilaku yang menjadi tujuan pendidikan
dan pengajaran :
a)
Aspek
kognitif
b)
Aspek
afektif
c)
Aspek
psikomotor
D.
TEKNIK EVALUASI
a)
Evaluasi
non tes
Penilaian
kegiatan tugas dan penampilan:
Menciptakan suasana persaingan yang
sehat
|
Dasar kemajuan individu siswa ( rasa ingin tahu, minat, berpikir kritis )
|
· Tugas
observasi
· Mengumpulkan
data & bahan
· Tanya jawab
· Diskusi
|
b)
Evaluasi
Tes
· Lisan
·
Mengukur berapa jauh penguasaan
siswa
|
à
Uraian
( essai )
à
Objektif
tes
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PERSPEKTIF GLOBAL
1.
Memperhatikan
hakikat dasar mental yang melekat pada diri tiap individu siswa yang meliputi :
1.1
Dorongan
ingin tahu ( sense of curiosity )
1.2
Minat
terhadap sesuatu ( sense of interest )
1.3
Dorongan
ingin membuktikan sendiri ( sense of reality )
1.4
Dorongan
ingin menemukn sendiri ( sense of discovery )
2.
Memperhatikan
asas-asas pembelajaran yang meliputi dari yang:
2.1
telah
diketahui ke arah yang akan diketahui
2.2
mudah
ke arah yang makin sukar
2.3
sederhana
ke arah yang makin kompleks
2.4
dekat
ke arah yang makin jauh
2.5
konkret
ke arah yang makin abstrak
3.
Kegiatan
proses belajar mengajar
3.1
Mengajukan
pertanyaan
3.2
Mengungkapkan
apa yang telah diketahui siswa
3.3
Melalui
ceramah & tanya jawab, informasi terus dikembangkan
3.4
Menerapkan
azas evaluasi yang berlanjut dan berkesinambungan
3.5
Tidak
semua materi dapat diproses melalui KBM
3.6
Mengumpulkan
data dapat melalui :
a)
Tugas
individual memenuhi strategi pengembangan ketrampilan motorik dan intelektual
masing-masing siswa
b)
Tugas
kelompok mengembangkan strategi ketrampilan sosial
4.
Pengembangan Tehnik Evaluasi
4.1
Azas
evaluasi yang bertahap dan berkesinambungan
4.2
Hasil
evaluasi kualitatif
4.3
Hasil
evaluasi yang menyeluruh
KEGIATAN
BELAJAR 2
EVALUASI
PEMBELAJARAN PERSPEKTIF GLOBAL
DALAM
IPS
A.
HAKIKAT EVALUASI
Di sadari ataupun tidak tiap kali kita melakukan
suatu kegiatan selalu ingin mengetahui bagaimana hasilnya. Untuk itu, kita mengadakan penilaian terhadap kinerja
yang telah dilakukan. Di sini berarti kita melakukan
evaluasi terhadap apa yang telah kita kerjakan. Evaluasi itu telah menjadi
bagian yang melekat dalam kehidupan sehari-hari.
Evaluasi ini
erat sekali hubungannya dengan pengukuran yang meliputi aspek penilaian tentang
apa yang diinginkan dan yang baik.
B.
ASAS EVALUASI
Asas-asas yang harus diperhatikan dalam melakukan evaluasi meliputi :
1. Asas Komprehensif atau Asas Keseluruhan
2. Asas Kesinambungan atau Asas
Kontinuitas
3. Asas Objektivitas
C.
FUNGSI EVALUASI
1. Mengungkapkan penguasaan peserta
didik, yang meliputi pengetahuan, kemampuan berpikir, keterampilan, perasaan
dan sikapnya
2. Menemukan kelemahan-kelemahan materi,
metode, media pengajaran, dan tujuan yang telah dirumuskan.
3. Mengungkapkan terpenuhi tidaknya
tugas guru dalam melakukan pembelajaran terhadap para peserta didik.
4. Mengungkapkan tingkat perkembangan
pesera didik secara individual,
D.
TUJUAN EVALUASI
1. Membuat laporan prestasi peserta
didik
2. Mendapatkan umpan balik hasil
evaluasi pembelajaran
3. Menemukan faktor-faktor dan
penghambat keberhasilan pembelajaran
4. Menyusun program bimbingan individual
5. Meningkatkan rangsangan kegiatan
individual
6. Meningkatkan rangasangan kegiatan
pembelajaran
RANCANGAN PROSEDUR DAN ALAT EVALUASI
HASIL PEMBELAJARAN PERSPEKTIF GLOBAL
1.
Tujuan Evaluasi
Dalam pembelajaran perspektif global, evaluasi ini
bertujuan sebagai berikut :
1.1
menilai dan mengukur prestasi peserta didik pada pembelajaran perspektif
global;
1.2
mendapatkan umpan balik dari prstasi belajar peserta didik terhadap kerja
dan kinerja guru pada pembelajaran perspektif global;
1.3
menemukan faktor-faktor pendorong dan penghambat keberhasilan pembelajaran
perspektif global
1.4
meningkatkan rangsangan kegiatan belajar peserta didik
2. Sasaran Evaluasi
Yang menjadi sasaran evaluasi pada pembelajaran
perspektif global, yaitu :
2.1 Peserta didik secara individual yang meliputi
pengetahuan, kemampuan berpikir, keterampilan dan sikapnya
2.2 Peserta didik secara berkelompok dan dalam kelompok
yang meliputi keterampilan serta sikap sosialnya.
3. Prosedur
Evaluasi
3.1 Sesuai dengan asas evaluasi, kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan
a. Pada saat pembelajaran perspektif global itu
dimulai, guru IPS mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengevaluasi
“apakah” mereka telah memilikipengetahuan yang berhubungan dengan perspektif
global itu.
b. Tanya jawab bahkan diskusi antara guru IPS dengan
peserta didik. Hal ini untuk mengevaluasi ”berapa jauhkan” peserta didik
mengikuti pembelajaran perspektif global.
c. Pada akhir proses pembelajaran, setelah seluruh
pokok bahasan tentang perspektif global itu rampung, guru melakukan evaluasi
tertulis dengan mengadakan tes (tes tertulis).
3.2 Membuat Kiski-kisi Tes Tertulis
Kisi-kisi ini termasuk aspek
materi yang menjadi bahan evaluasi, aspek mental yang akan dinilai kemampuannya.
4. Alat Evaluasi
Alat evaluasi yang digunakan dalam penilaian hasil
pembelajaran perspektif global ini meliputi tes dan non-tes.
a.
Non-tes
Alat evaluasi nn-tes ini dalam proses pembelajaran
perspektif global meliputi tanya jawab dan diskusi, tugas dan penampilan. Penilaian terhadap non-tes ini bersifat kualitatif.
b.
Tes
Alat evaluasi yangdisebut tes bagi kita semua
terutama bagi anda selaku guru IPS, sudahtidak asing lagi. Tes ini dalam bentuk
tulisan, baik tes uraian (tes esai) maupun tes objektif.
Tes objektif ini ada beberapa tipe, meliputi tipe
salah-benar, pilihan ganda, pilihan ganda majemuk, dan sebab akibat. Untuk tingkat SD, anda
memilih salah – benar dan Pilihan Ganda (yang sederhana) saja.
Tes ini diterapkan pada perspektif global, erutama
sebagai tes formati. Penilaian dan analisis tes formatif.
5. Perhitungan Hasil Evaluasi
Secara keseluruhan, evaluasi itu
merupakan penjumlahan rata-rata dari hasil non-tes dengan hasil tes. Non-tes
yang dapat diangkakan, dari hasil pelaksanaan tugas. Sedangkan tanya jawab,
diskusi dan penampilan pada proses pembelajaran, tidak dapat diangkakan,
melainkan ditujukan pada pengungkapan pemahaman serta dapat atau tidaknya
peserta didik mengikuti proses pembelajaran perspektif global.
PENERAPAN PROSEDUR DAN ALAT EVALUASI
PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN PERSPEKTIF GLOBAL
1. Evaluasi Proses Pembelajaran
Perspektif Global
1.1 Pada tiap awal pembeljaaran perspektif global,
mengajukan pertanyaan atau bertanya-jawab dengan peserta didik tentang hal-hal
yang berkenaan dengan perspektif global,
1.2 Pada poses pembelajaran selalu dilakukan tanya-jawab
dan diskusi.
1.3 Pada proses pembelajaran perspektif global,
diterapkan juga metode tugas.
2. Evaluasi Tertulis
Evaluasi tertulis ini sebaiknya menerapkan tes objektif yang sifatnya mampu
mencakup keseluruhan materi dan keseluruhan aspek mental sesuaidengan
tahap-tahapnya.
2.1 Alat evaluasi dalam bentuk objektif tes
dirancang sesuai dengan kisi-kisi. Tes objektif tersebut terdiri atas :
a. 50
butir soal;
b. Terbagi
atas dua kelompok, 25 butir salah-benar, dan 25 butir pilihan ganda
c. Aspek
mentalnya, 40 % pengetahuan, 40 % pemahaman, dan 20 % penerapan
d. Aspek
materi terdiri atas 20 % masalah kontroversial, 40 % saling keteragantungan, dan 40 %
perdamaiandan keamanan dunia; dan
e. Tingkat
kesukarannya, 24 % mudah, 52 % sedang, dan 24 % sukar
2.2 Pada waktu yang telahditentukan,
guru melaksanakan tes sesuai dengan kisi-kisi dan perangkat alat evaluasi yang
telah dirancang.
2.3 Perhitungan hasil tes dilakukan
berdasarkan kategori penilaian.
3. Evaluasi
Keseluruhan
Secara keseluruhan, evaluasi dilakukan mulai dari
awalproses, selama proses, dan pada akhir pembelajaran.
3.1 Padaawal pembelajaran, mengajukan
pertanyaan atau bertanya jawab dengan peserta didik.
3.2 Selama proses pembelajaran
berlangusung, melalukakan tanya - jawab dan berdiskusi dengan para peserta
didik.
3.3 Pada prosess pembelajaran memberikan
tugas kepada peserta didik.
3.4 Penilaian keseluruhan terhadap para
peserta didik, merupakan gabungan antara nilai tes dengan nilai tugas
4.
Kesimpulan Hasil Evaluasi
Hasil evaluasi keseluruhan, baik hasil non- tes
(tanya jawab, tugas maupun hasil tes, dianalisis dan diinterpretasikan lebih
jauh untuk menjawab apa yang telah dirumuskan dalam fungsi dan tujuan tes.
a.
Nilai prestasi peserta didik
dalam pembelajaran perspektif global yang merupakan sebagian dari prestasi
pembelajaran IPS keseluruhannya
b.
Nilai prestasi peserta didik
dalam pembelajaran perspektifglobal merupakan umpan bali bagi kerja dan kinerja
c.
Nilai prestasi peserta didik itu
memberikan gambaran tentang tingakt perkembangan kemampuan mereka (individal,
klasikal) untuk program bimbingan selanjutnya
d.
Nilai prestasi peserta didik
dalam pembeljaaran perspektif global, menjadi sarana mengungkapkan kelemahan –
kekuatan dan faktor penghambat pendorong yangmenjadi dasar penyempurnaan
pembelajaran selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar